Gubernur Kalsel dan Bupati Hulu Sungai Tengah Sambangi Posko Dapur Umum Barito Utara.

0
93 views

BRAYANEWS | MUARA TEWEH-Dapur Umum yang didirikan Pemerintah Kabupaten Barito Utara dikunjungi Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor dan Bupati Hulu Sungai Tengah, H Ahmad Chairansyah, Selasa (19/1). Orang nomor satu di Kalsel dan HST ini mencicipi masakan di Posko Dapur Umum Barito Utara. 

 

 

Kedatangan gubernur dan bupati itu disambut Kepala Pelaksana BPBD Barito Utara, Ghazali Montallatua di Stadion Olahraga Murakata Barabai. Sahbirin yang datang didampingi Ketua DPRD Kalsel, Supian HK merasa senang dengan adanya dapur umum karena sangat membantu para korban maupun relawan. 

 

“Terimakasih atas kunjungan Pak Gubernur, Ketua DPRD Kalsel, Bupati HST dan Wabup Bartim ke dapur umum yang di-support langsung Bapak Bupati Barito Utara H Nadalsyah,” ujar Plt KadinsosPMD Barito Utara, Eveready Noor. 

 

 

Pria yang akrab disapa Evew itu menjelaskan, masakan dari dapur umum Pemkab Batara ini sudah dirasakan oleh pejabat. Masakan itu pula yang disiapkan untuk masyarakat korban banjir. “Relawan kita membagikan 500 sampai 700 bungkus nasi bagi warga yang memerlukan,” ucapnya. 

 

 

Selain dapur umum, lanjut dia, petugas BPBD Barito Utara melakukan evakuasi, pembersihan fasilitas umum, rumah ibadah dan perkantoran dalam Kota Barabai. Sejauh ini atas instruksi Bupati Nadalsyah sudah diturunkan truk tanki, mobil mekanik, mobil patroli, ambulans, pemadam portable dan sarana penunjang lain. Ditambahkan lagi mengirim alat berat berupa mini excavator untuk membantu desa terparah. 

 

 

Sementara itu, gabungan relawan se Barito Utara terus bergerak mengumpulkan sumbangan warga. Ratusan boks logistik, peralatan rumah tangga hingga pakaian berhasil terkumpul. Di jalan para relawan berhasil mengumpulkan dana Rp 68 juta. 

 

 

Adapun relawan yang terlibat yakni Karang Taruna, HMI, BEM Polimat, BEM STAIS, BEM STIE, PAL, MBC, Komunitas Suara Alam Borneo, Pramuka Saka Wira Kartika, Banser, Ansor, Tagana, Barahan Budas, RMPB, Korwil IMI, RAPI, Seputar Bintang Ninggi, Komunitas True Adventure, Wonderfull Barito, OSIS SMKN 1, Komunitas Jumat Sedekah, Fatayat NU, FAD Barito Utara, SMADA Muara Teweh, AMAN Barut, Kelurahan Melayu dan Komunitas Motor.

 

 

Ditambah lagi TOAS, Lahei Pandai Lungkuh, Pramuka MAN, Natural Frend, Pramuka Uniska, KPA Hanjau Dael dan Balapak Expoler. Bantuan yang terkumpul akan diberangkatkan Rabu (19/1) besok. Rencana dipimpin Sekda Barito Utara H Jainal Abidin. Kemudian penyerahan akan dilakukan langsung Bupati Nadalsyah untuk korban musibah banjir. Tidak hanya logistik, perlengkapan rumah tangga dan pakaian, puluhan gabungan relawan juga ikut dibawa ke lokasi bencana guna membantu para korban. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here