Disdik Barut Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Semester Genap

0
15 views
PAPARAN PBM TATAP MUKA-Plt Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Hery Jhon Setiawan menyampaikan paparan terkait kesiapan PBM tatap muka di aula Setda Lantai I, Rabu (30/12/2020).(foto:ist)

BRAYANEWS | MUARA TEWEH– Dinas Pendidikan kabupaten Barito Utara (Disdik Barut) mempersiapkan pembelajaran tatap muka disatuan pendidikan yang dimulai pada semester genap (Januari 2021).

Plt Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Hery Jhon Setiwan mengatakan dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka pemberian ijin dimulai oleh Pemerintah Daerah, satuan pendidikan, komite dan orang tua.

“Dalam pembelajaran tatap muka, kepala sekolah diminta untuk mensosialisasikan dan menyampaikan persiapan pembelajaran tatap muka melalui rapat dengan komite dan orang tua atau wali peserta didik,” kata Heri Jhon Setiawan.

Lebih lanjut Plt Kadis Pendidikan menjelaskan bahwa dalam rangka pembelajaran tatap muka ini, pihak kepala sekolah melakukan rapat dengan komite dan orang tua/wali siswa untuk kesiapan PBM tatap muka.

Dalam rapat komite jelasnya, yang diperlukan yaitu pernyataan bersama orang tua, komite dan sekolah untuk siap melaksanakan pembelajaran tatap muka. Dan bila ada orang tua yang tidak setuju PBM tatap muka bisa dilakukan dengan sistem BDR, serta surat pernyataan kepala sekolah menjamin aman dan lancar terselenggaranya PBM tatap muka tersebut.

Untuk sistem pembelajaran tatap muka siswa dalam kelas 50 persen dari kapasitas sesuai tingkatan sekolah (bila siswa lebih menggunakan shiff). Waktu tatap muka pelaksanaan proses belajar mengajar dapat menyesuaikan dengan kondisi wilayah pendidikan masing-masing misal PAUD 1 jam, SD/MI 1.30 jam, SLTP 2 jam, SLTA 3 jam.

“Dalam pembelajaran peserta didik, fokus dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pembelajaran tatap muka. Bila ada warga sekolah yang terdampak maka pembelajaran di sekolah ditutup dan dikembalikan ke sistem BDR,” kata Hery Jhon Setiawan.

Hery Jhon juga mengatakan sekolah yang diizinkan PBM tatap muka harus menyampaikan kesiapan sekolah dengan dokumen lengkap sesuai dengan yang dipersyaratkan ke Dinas Pendidikan Barito Utara.

Memenuhi syarat setelah dilakukan verifikasi dan evaluasi baik dokumen maupun persiapan sekolah dengan SOP. Mendapat rekomendasi atau izin dari Gugus Tugas Covid-19 Barito Utara dan mendapat izin dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan atau Kementerian Agama Barito Utara.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here