Minimalisir Hambatan Berlayar di Sepanjang Sungai Barito

0
143 views

BRAYANEWS | MUARA TEWEH – Pemkab Barito Utara (Barut) melaksanakan rapat koordinasi dan sinkronisasi antara lalu lintas angkutan jalan dengan lalu lintas angkutan sungai serta meminimalisir hambatan berlayar disepanjang sungai Barito dalam wilayah Kabupaten Barito Utara, di aula BappedaLitbang, Rabu (11/11/2020).

Rakor dan sinkronisasi tersebut dihadiri Sekda Barito Utara, Ir H Jainal Abidin, Kadis PUPR Kalteng H Shalahuddin, Plt Kadis Perhubungan Provinsi Kalteng Yulindra Dedy, Kapolres Barito Utara, Dandim 1013/Mtw, Kejaksaan Negeri Barito Utara, Kadis Perhubungan, Kadis PUPR Barito Utara, kepala perangkat daerah dan undangan lainnya.

Sekda Barito Utara H Jainal Abidin mengatakan, yang mendasari pelaksanaan kegiatan ini yaitu surat Sekda Provinsi Kalteng Nomor 552/618.2/PEL/2020 tanggal 30 September 2020 hal pembentukan pos pengawasan terpadu.

Selain itu kata Sekda H Jainal Abidin pesan dari Plt Gubernur Kalteng agar Pemkab Barito Utara untuk menangani adanya biaya jasa kapal bantu di alur pelayaran pemancangan tiang jembatan Tumpung Laung-Sikan yang memberatkan para pengusaha angkutan batu bara.

Kemudian data kecelakaan kapal angkutan batubara di beberapa tempat menjadi hambatan berlayar yang mengakibatkan kapal kandas dan patah seperti di Teluk Siwak wilayah Kecamatan Montallat, Papar Pujung dan Jangkang Baru.

“Selain itu banyaknya laporan dari pengusaha angkutan batubara tentang posisi, desain dan ukuran bentang jembatan Tumpung Laung-Sikan dan rencana pembangunan jembatan Lemo yang belum disosialisasikan yang diperkirakan berpotensi menghambat lalu lintas serta menimbulkan biaya tambahan,” imbuh Sekda Jainal Abidin.

Untuk itu merupakan tugas bersama dalam mewujudkan terciptanya lalu lintas angkutan yang aman, lancar dan murah di sungai Barito untuk pengelolaan sumber daya alam Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten tetangga untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here