Lagi-lagi, Bandara Haji Muhammad Sidik di Tunda Peresmian

0
164 views

BRAYANEWS | MUARA TEWEH – Lagi-lagi, Bandara baru Haji Muhammad Sidik di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara (Barut) kembali ditunda peresmiannya oleh Presiden Republik Indonesia Ir H. Joko Widodo.

Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Barito Utara M Ikhsan mengatakan, untuk peresmian bandara baru Haji Muhammad Sidik ditunda sampai waktu yang belum ditemukan.

“Untuk perkembangan informasi acara Peresmian Bandara ditunda yang dijadwalkan tanggal 12 November sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan dan mohon maklumnya (informasi dari Kabag Humas DJPU),” kata Plt Kadis Kominfosandi M Ikhsan melalui pesan WhatsApp (WA), Selasa (10/11/2020) kemarin.

Pemkab Barut telah melaksanakan beberapa kali rapat terkait persiapan peresmian bandara baru Haji Muhammad Sidik yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo bersama tujuh bandara lainnya di tanah air.

Peresmian bandara baru Haji Muhammad Sidik semula dijadwalkan pada Selasa (10/11/2020), kemudian diundur pada Kamis (12/11/2020), namun kegiatan peresmian bandara tersebut juga kembali mengalami penundaan.

Sekedar untuk diketahui bahwa pada tanggal 13 Agustus 2020 lalu Bandara Haji Muhammad Sidik ini telah lakukan uji fisik bandara. Dalam uji fisik bandara menggunakan pesawat uji kalibrasi Beechcraft tipe King Air 350i berhasil mendarat di landasan pacu sepanjang 1.400 meter.

Kemudian pada tanggal 20 Oktober 2020, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau bandara baru Haji Muhammad Sidik dan menggelar rapat diruang tunggu keberangkatan terminal membahas rencana pengembangan runaway dan pembebasan lahan.

Bandara baru yang menggantikan Bandara Beringin yang sudah tidak dapat dikembangkan itu mulai beroperasi sejak tanggal 10 September 2020 lalu. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here