PUPR Segera Perbaiki Ruas Kandui-Montallat 

0
145 views
JALAN MONTALLAT - Kadis PUPR Barito Utara M Iman Topik didampingi Kabid Bina Marga, Dedy, Kasi Teknis, serta aparatur Kelurahan Montallat saat melakukan pengecekan kerusakan jalan menuju ke arah Montallat. 

BrAYANEWS | MUARA TEWEH – Dinas PUPR Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah dalam waktu dekat ini akan segera menangani ruas Kandui-Montallat yang hampir di sepanjang jalan tersebut mengalami kerusakan bahkan sampai di Kelurahan Montallat II. 

Selain jalan, juga ada beberapa jembatan yang berkontruksi kayu ulin mengalami kerusakan bahkan mengalami kemiringan dan penurunan. 

Kepala Dinas PUPR Barito Utara, M Iman Topik mengatakan, kerusakan jalan tersebut diakibatkan tidak kuatnya menahan beban berat, terutama disebabkan angkutan yang melebihi tonase.

“Jalur tersebut sering dilalui beban berat, sehingga menimbulkan lobang, bahkan ada beberapa titik yang sudah beraspal terlihat pecah-pecah akibat adanya penurunan struktur tanah seperti di Kelurahan Montallat II,” kata Iman Topik saat meninjau jalan tersebut yang didampingi Kabid Bina Marga Dedy.

Akibat adanya kerusakan jalan tersebut, maka jarak waktu tempuh yang biasanya satu jam dari Kandui menuju Kelurahan Montallat akhirnya bisa ditempuh hampir sampai dua jam.

Dinas PUPR pada anggaran tahun 2021 akan mengalokasikan untuk perbaikan jalan tersebut. Terutama dibeberapa titik kerusakan di beberapa desa di Kecamatan Gunung Timang menuju Kelurahan Montallat II, Kecamatan Montallat. 

Kadis PUPR menerangkan, untuk jalan yang mengalami penurunan di Kelurahan Montallat II akan dilakukan perbaikan dengan menggunakan kontruksi rigid pavement atau cor beton guna menyesuaikan struktur tanah yang sudah beraspal tetapi mengalami pecah-pecah.

“Dengan menggunakan sistem rigit atau cor beton ini jalan lebih kuat dan tahan karena tidak mudah rusak, apalagi sekarang kondisinya berada ditanah rawa dengan tingkat kekuatan tanah tak begitu kuat dan keras,” pungkasnya.

Secara terpisah, Bupati Barito Utara H Nadalsyah menyampaikan, bahwa kerusakan jalan didaerah ini terus menjadi perhatian pihaknya. Meski ditengah kondisi keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemkab. 

Namun Pemkab Barito Utara akan terus berupaya semaksimal mungkin melakukan perbaikan jalan dan jembatan yang mengalami kerusakan sampai fungsional demi kelancaran lalulintas Pemerintah dan masyarakat. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here