Kepala BPN Kabupaten Mura Radianoor Sudiawan saat menyerahkan Sertifikat aset milik Pemda Mura kepada Wakil Bupati Mura, Rejikinoor didampingi Sekda Mura, Hermon yang dilaksanakan di Kantor Bupati setempat, Selasa (8/1/2020)
PURUK CAHU, BRAYANEWS- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Murung Raya (Mura) menyerahkan 3.249 dokumen berharga (Sertifakat) aset milik Pemda Mura yang secara simbolis yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Mura, Rejikinoor didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Hermon, di Kantor Bupati setempat, Selasa (8/1/2020) kemarin.
Sebelum menerima secara simbolis sertifikat aset pemerintah daerah ini Wakil Bupati Mura, Rejikinoor mengatakan bahwa, penyerahan ini merupakan realisasi dari MoU bersama antara pihak Pemda Mura, BPK bersama BPN Kab Mura tahun 2019 lalu.
“Pemda sangat berterimakasih kepada pihak BPN Kabupaten Mura yang telah menyelesaikan dokumen sertifikat aset daerah ini, dan berharap dengan diserahkannya sertifikasi aset tanah pemda ini kedepan semangat pembangunan di Kabupaten  Mura lebih baik lagi,” Kata Rejikinoor saat diwawancarai awak media usai menerima secara simbolis sertifikat dari pihak BPN Kabupaten Mura.
Dijelaskannya lagi bahwa aset merupakan salah satu bagian yang harus bisa dipertanggungjawabkan sehingga sesuai dengan opini wajar pengecualian yang harapannya kedelan dapat dicapai untuk yang lima kalinya lagi.
“Dengan telah selesainya dokumen aset tanah milik Pemda Mura ini merupakan langkah strategis kita untuk dapat kembali meraih opini WTP yang ke lima kalinya lagi,” jelas Kinoi sapaan akrab Wabub Mura ini lagi.
Selain itu kehadiran BPN Kab Mura menurutnya dapat bekerjasama dengan pihak Pemda Mura untuk terus memberikan pemahaman kepada warga masyarakat tentang pentingnya sertifikat hak milik sebagai dokumen kepemilikan sebidang tanah.
“Saat ini permasalah batas desa, dengan kehadiran BPN dilapangan dapat membantu mensosialisasikan kepada masyarakat agar dapat peduli dengan penguatan kepemilikan tanah, sehingga dengan cepatnya iklim investasi merambah di wilayah kita masalah lahan tidak menjadi konflik yang berkepanjangan,” katannya.
Sementara Kepala BPN Kabupaten Mura Radianoor Sudiawan berharap pihak Pemerintah Daerah dapat segera mendata dan menginventarisasi aset aset tanah milik pemda baik diluar kawasan maupun didalam kawasan hutan, agar data ini dapat menjadi dasar pelaporan kepada pihak pemerintah pusat agar pelaksanaan pembangunan kedepan lebih baik dan lancar.
“Secara simbolis kita serahkan 9 dokumen sertifikat, sisanya pada minggu ketiga bulan Januari 2020 ini, sehingga total sertifikat aset milik Pemda Mura sebanyak 3.249 selesai kita serahkan semua,” Tandasnya.(LULUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here