Genjot Bandara Baru Dapat Suntikan Dana Rp 99 Miliar

0
177 views
Genjot Bandara Baru Dapat Suntikan Dana Rp 99 Miliar

Genjot Bandara Baru Dapat Suntikan Dana Rp 99 Miliar

MUARA TEWEH,BRAYA NEWS.COM – Untuk menggenjot pembangunan bandara baru H Muhammad Sidik di Desa Terinsing Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara (Barut) pada tahun 2019 ini mendapat suntikan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp99 Miliar. 
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bandara Beringin Muara Teweh, Jarot Nugroho kepada Bupati Barut H Nadalsyah serta jajarannya di ruang kerja bupati, Jumat (26/7/2019). 
Jarot mengatakan, besaran dana yang dialokasi oleh pemerintah pusat kurang lebih Rp 99 Miliar atau 2 kali lipat dari anggaran tahun kemarin. 
Dana tersebut rencananya digunakan untuk mempercepat pembangunan Bandara H Muhammad Sidik, sehingga diharapkan dapat fungsional di awal tahun 2020 mendatang, sebab masih ada kekurangan seperti halaman parkir yang belum 100 persen selesai. 
Disampaikannya bahwa untuk fungsional awal bandara baru ini rute serta pesawatnya masih sama dengan yang ada di Bandara Beringin yakni akan diterbangkan jenis pesawat Susi Air.
“Ini sambil kita tawarkan ke pesawat Airline yang kapasitas atau muatannya lebih besar yakni bisa darati pesawat jenis R-72 atau R-42 sebab landasan bandara baru ini bisa di landasi oleh pesawat tersebut dengan panjang 1400 M dengan lebar 30 M,” bebernya. 
Sementara itu, Bupati Barut H Nadalsyah sangat memyambut baik dengan rencana  beroperasinya bandara baru tersebut pada tahun 2020
Orang nomor satu di Kabupaten Barut berharap penerbangan bandara baru ini nantinya dapat terintegrasi dengan bandara Palangka Raya, Kalsel dan Kaltim.
 “Sehingga perjalanan ke luar daerah dengan menggunakan pesawat baik ke Jakarta, dan daerah lainnya bisa ditempuh dalam waktu satu hari,” ucap Nadalsyah.
Diungkapnya juga, bahwa pada akhir 2018 lalu yakni pada bulan September dirinya ada pertemuan rapat dengan presiden RI, Ir Joko widodo di Istana Negara. Dalam pertemuan tersebut selaku Kepala Daerah Kabupaten Barito Utara, dirinya mengusulkan kepada presiden untuk perecepatan penyelesaian bandara baru ini, sebab selama beberapa tahun atau sampai 2018 kemarin, belum ada titik terang tentang fungsionalnya bandara baru ini.Alhamdulillah, lanjut dia, usulan tersebut di respon oleh Presiden dengan dikucurkannya dana sebesar Rp 99 Miliar di tahun 2019 ini. 
“Bandara ini sudah beberapa tahun di bangun yakni dari sebelum saya menjadi bupati, bahkan sampai dengan habis masa jabatan periode pertama saya belum juga fungsional. Jadi beroperasinya Bandara baru ini di awal tahun 2020 mendatang sangat kita sambut dengan baik,” ujar pria yang akrab disapa Koyem tersebut.
Paparan yang dilakukan oleh pihak Bandara Beringin Muara Teweh dihadiri Bupati didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra SH, Sekda H Jainal Abidin MAP, Kepala Diskominfo Sandi, M Iman Topik MSi dan Kepala Dinas Perhubungan, H Fery Kusmiadi MM. (BR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here