Berhasil Kembangkan Pertanian Jagung, Barito Utara Jadi Tujuan Kunjungan Pemkab Gunung Mas

0
152 views
Berhasil Kembangkan Pertanian Jagung, Barito Utara Jadi Tujuan Kunjungan Pemkab Gunung Mas

Berhasil Kembangkan Pertanian Jagung, Barito Utara Jadi Tujuan Kunjungan Pemkab Gunung Mas

MUARA TEWEH, BRAYA NEWS.COM – Setelah berhasil dalam pengembangan pertanian jagung di wilayah setempat, Pemerintah Kabupaten Barito Utara ( Barut) melalui Dinas Pertanian saat ini juga telah menjadi tujuan kunjungan kerja ( Kunker) oleh Kabupaten Lain untuk melihat-lihat keberhasilan dalam perkembangan pertanian jagung di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan. 
Diantaranya kunker yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), yang di pimpin Wakil Bupati Gumas di dampinggi Kadis pertanian  beserta rombongan, Jumat (12//19) lalu. 
Kepala Dinas Kabupaten Barito Utara Ir Setia Budi mengatakan, kedatangan pemerintah Kabupaten gunung Mas ke wilayah ini bertujuan untuk meninjau dan melihat-lihat pertanian tanaman jagung yang ada di Barito Utara. 
Hal ini sehubungan adanya rencana Kabupaten Gunung Mas untuk melakukan perluasan untuk tanaman jagung di Gunung Mas. 
“Juga meminta informasi terkait sistem pembinaan yang ada di barito Utara, terutama dalam pertaian   jagung, bagai mana pola pengembangan agar bisa mencapai 32 ribu hektar. “Sebab dengan luasan yang seperti ini tidak mungkin dilakukan dengan perseorangan,”ujar Ir Setia Budi, Kamis (18/7/19).
Lebih lanjut, dijelaskan Kadis, selama ini dari Dinas pertanian terus mengarahkan  kepada kelompok tani termasuk di dalamnya kelompok  unit pengelola jasa alsintan (UPJA).
“Jadi semua alat berada di UPJA , kemudian UPJA ini akan mendistribusi kepada kelompok tani untuk pemakaiannya sesuai dengan jadwal dan kebutuhan mereka,”ucapnya.
Memang, kata dia, bantuan pemerintah selama ini  yang signifikan seperti arahan  Bupati Barito Utara H Nadalsyah agar pihaknya membuat jaringan jalan usaha tani (JUT). Karena untuk jalan menuju usaha tani yang masih belum memiliki jalan tersebut jelas akan  menyulitkan para petani dalam melakukan perkembangan terutama untuk mengangkut hasil produksi mereka ke jalan- jalan besar. 
“JUT inilah yang terus kita bangun dan kita dukung seperti  6 unit excavator dan 1 unit bulldozer untuk pembangunan JUT, termasuk pembangunan embungnya untuk ketersediaan air untuk megantisivasi terjadinya kemarau,” jelas Kadis.
Selain melihat lihat pertanian jagung wakil Bupati gunung mas  beserta para rombongan juga mengunjunggi peternakan sapi sistem koloni dan vertical corn  Dryer, mesin pengering jagung kapasitas 6 ton/ jam. (BR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here