Sering Kesulitan Air, Pemdes Mampuak I Bakal Bagikan Tong Penampungan Air

Sering Kesulitan Air, Pemdes Mampuak I Bakal Bagikan Tong Penampungan Air

MUARA TEWEH,  BRAYANEWS.COM – Warga eks transmigrasi di Desa Mampuak I Kecamatan Teweh Timur Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah selama ini ternyata sering kesulitan air bersih baik untuk kebutuhan mandi, cuci dan kakus (MCK). Kesulitan ini juga dialami warga eks Trans Pantung atau Desa Mampuak II dengan kondisi yang sama. 
Pihak pemerintahan desa dari kedua desa tersebut bakal melakukan pembagian tong penampungan air kepada warganya guna mengatasi kesulitan air di setiap rumah warga. 
Kepala Desa Mampuak I, Bobby melalui Sekdesnya Jemain didampingi Kaur Sosial Yuliani Kristin di Desa Mampuak I, Sabtu pekan lalu (15/6) mengatakan, bahwa pihaknya telah menganggarkan untuk pengadaan tong penampungan air yang dibagikan kepada 200 kepala keluarga dengan kapasitas 1200 liter. 
“Pembelian tempat penampungan air ini, kami anggarkan dari dana desa (DD) yang dilakukan secara bertahap, namun dalam pembagiannya akan dilakukan secara serentak,” jelas Jemain.
Tong penampungan ini merupakan aset Pemerintah Desa (Pemdes) yang dipinjamkan kepada warga dan dibagikan secara gratis guna mengatasi kesulitan air bersih. Dengan adanya pembagian ini, maka warga bisa menampung air hujan, sementara air dari penyaluran proyek Pamsimas belum beroperasi. 
“Hal inilah yang menjadi permasalahan dialami warga trans, karena air sungai didaerah ini jauh, kalaupun ada pada mesim kemarau air sungainya sering kering. Kesulitan air ini bertahun-tahun dialami warga,” ujarnya.
Baru tahun 2018 ada pembangunan proyek Pamsimas embung tempat penampungan air yang kini masih rusak, karena bendungannya jebol. Sedangkan penapungannya ditiap-tiap RT sudah ada hanya tinggal penyaluran pipa ke rumah-rumah warga. Sebagian sudah disalurkan terutama yang ke sekolah-sekolah. 
Untuk pemasangan pipa saluran ukuran besar juga sudah dilakukan pihak Pamsimas. Sedangkan untuk pipa saluran ke rumah-rumah warga masih menunggu musyawarah. (BR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here