Dewan Sambut Penanaman Melon di Desa Trinsing

0
209 views
Dewan Sambut Penanaman Melon di Desa Trinsing
Waket I Hj Mery Rukaini
Dewan Sambut Penanaman Melon di Desa Trinsing
Waket I Hj Mery Rukaini
MUARA TEWEH, BRAYANEWS.COM– DPRD Kabupaten Barito Utara (Batara) sangat menyambut baik positif inovasi dari petani Desa Terinsing, Kecamatan Teweh Selatan, dalam mengolah lahannya pertanian melon. 
Pertanian melon ini termasuk baru pertama kali dilaksanakan di wilayah Bumi Iya Mulik Bengkang Turan dengan lahan seluas seperempat hektar.
“Kita mengapresiasi hal ini apa yang dilakukan oleh petani kita ini, dan kita meminta kepada Dinas Pertanian agar terus melakukan pembinaan terhadap para petani di daerah ini,” ucap Wakil Ketua I DPRD Batara, Hj Mery Rukayni yang meninjau lahan pertanian buah melon tersebut di Desa Terinsing.
Mery berharap, pertanian buah melon ini dapat terus dikembangkang, sebab pertanian melon ini dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. “Selama ini pasokan buah melon selalu didatangkan dari luar daerah, dengan adanya pertanian buah melon di daerah ini paling tidak bisa mengurangi ketergantungan pasokan yang didatangkan dari luar daerah,” ujarnya.
Hal senada dikatakan Kades Desa Terinsing, Heri Mansupardi mengatakan, pertanian buah melon ini berawal dari uji coba Dinas Pertanian yang dilakukan melalui salah seorang petani yang bernama bapak Gilang. 
Dari hasil uji coba tersebut ternyata pertanian melon ini berhasil dan saat ini buah melon yang ditanam sudah mulai panen.
“Kami dari desa tentunya sangat mendorong hal ini, sebab ini bisa menjadi produk unggulan bagi Desa Terinsing dan buah melon yang dihasilkan juga mudah untuk dipasarkan,” kata Heri Mansupardi, Selasa (19/3/19).
Kedepan, lanjut dia, untuk membantu para petani di wilayahnya, Pemerintah Desa setempat akan membantu memasarkan produk-produk hasil pertanian masyarakat, tentunya ada kerjasama dengan BUMDes Desa Trinsing.
“Kita juga berencana akan menambah luasan pertanian untuk tanaman melon dengan membuka lahan baru di desa Terinsing, serta juga membuka akses jalan usaha tani menuju lahan pertanian warga guna mempermudah para petani mengangkut keluar dan masuk hasil pertanian,” katanya.(BR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here